Menu Close

Berita Harian Vaksin

Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis. “Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk Vaksinasi Covid-19 harus telah mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat , atau penerbitan nomor izin edar dari BPOM sesuai peraturan perundang-perundangan,” terang Pasal 7 Ayat beleid tersebut. Meski berbeda merk, penggunaan vaksin Covid-19 yang akan digunakan dipastikan telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Vaksinasi mandiri itu, kata Budi, bukan perorangan, melainkan melalui perusahaan untuk para karyawannya. “Jadi dengan syarat satu, korporasi mau beli, dengan syarat semua karyawannya mesti dikasih,” ujar dia. “Mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, tempat untuk melakukan vaksin berbeda, bisa dilakukan,” kata Jokowi.

“Yang penting menurut saya, vaksinasi mandiri jangan sampai mengganggu program vaksinasi dari pemerintah,” tegasnya. Keenam, vaksin mandiri tidak menghilangkan hak warga untuk mendapatkan vaksin free of charge. Pemerintah harus memastikan bahwa setiap warga tidak kehilangan hak untuk mendapatkan vaksinasi gratis.

Vaksinasi Mandiri

“Jadi antusiasme sangat besar dari pelaku usaha, karena kita melihat untuk memulihkan ekonomi persyaratannya harus pandeminya bisa dikontrol dan itu tidak cukup dengan protokol kesehatan saja. Shinta menambah vaksinasi gotong-royong justru bisa membantu mempercepat program vaksinasi dan meringankan beban pemerintah karena pelaku usaha membiayai sendiri program itu. “Sudah memulai vaksin dari pemerintah gratis sampe saat ini terdapat 23 juta dosis vaksin dari rencana kurang lebih 380 juta dosis vaksin yang akan disuntikkan,” katanya. Shinta menambahkan bahwa vaksinasi gotong royong yang dilakukan Kadin ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk membantu pemerintah. [newline]Tak hanya untuk percepatan herd immunity, tetapi juga membantu anggaran pemerintah.

Dalam Permenkes disebutkan bahwa pelaksanaan vaksin gotong royong dilakukan oleh pihak swasta tanpa menggunakan vaksin program pemerintah, fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan milik pemerintah agar tidak mengganggu program vaksinasi nasional. Rencana pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 nasional melalui program vaksinasi gotong royong atau vaksinsi mandiri menuai pro dan kontra. Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kesehatan dan Keadilan Sosial termasuk salah satu yang menolak vaksinasi mandiri karena beberapa alasan. Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan teknis yang mengatur vaksinasi mandiri berbayar individu dalam program vaksin gotong royong.

Dalam petisi mereka menyatakan rencana Slot Gacor akan menyebabkan ketimpangan yang tinggi dan justru dapat memperpanjang pandemi. Vaksinasi yang dilakukan pihak swasta dinilai hanya menguntungkan dan mengutamakan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke atas di perkotaan saja. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan biaya vaksinasi akan senilai Rp1 juta per orang karena masing-masing membutuhkan 2 dosis. Vaksinasi mandiri akan berjalan berbarengan dengan vaksinasi dari pemerintah untuk mempercepat pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity.

PT Kimia Farma menyiapkan delapan klinik yang akan dibuka secara bertahap untuk melayani vaksinasi mandiri ini. “Untuk layanan yang sudah siap ada di dua klinik, yaitu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat dan Klinik Kimia Farma Pulogadung Jakarta Timur,” kata Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Tbk, Ganti Winarno Putro, 11 Juli 2021. “Bantuan ini akan kami serahkan ke tim pemulasaraan jenazah dan tim pemakaman yang saat ini memang sangat membutuhkan APD,” ujar Anne.