Menu Close

Ideas Perlindungan Diri Dari Virus Corona Saat Bekerja Di Luar Rumah

Sejauh ini posko penanganan Covid-19 dibuka untuk publik, namun sangat jarang ditemui ada poin menerima saran dan pengaduan dalam informasi yang diberikan oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Kondisi ini tidak sepenuhnya menjadi kelalaian masyarakat karena tidak kritis, tetapi juga dari sisi ketersedian sarana pengaduan sangat tidak mendukung, sehingga keluhan masyarakat belum dapat tersalurkan dengan baik dan benar. Keterbukaan pemerintah melalui mekanisme pengaduan yang dikelola dengan baik terutama pada masa pandemi ini merupakan bagian yang dapat ikut mendorong percepatan penanganan Covid-19.

Bekerja dalam masa Covid

“Beliau sangat mendorong upaya percepatan penanganan Covid-19. Ini bisa menjadi kesempatan bagi tenaga kesehatan masyarakat untuk menyampaikan usulan dan didukung oleh Menko PMK,” ujar Nani Rohani. Selanjutnya, penguatan peran kantor kecamatan dan kantor kelurahan desa untuk pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, dan integrasi tenaga kesehatan masyarakat di tingkat puskesmas perlu juga dilakukan. Selain itu, kepastian hukum juga diperlukan untuk mengoptimalkan peran tenaga kesehatan masyarakat. Kaburnya batas antara dunia pekerjaan di kantor dan dunia pribadi di rumah adalah kenyataan yang perlu dikelola organisasi pemberi kerja, tegas Juneman. “Oleh sebab itu, organisasi perlu menggeser pandangannya. Organisasi tidak dapat menganggap bahwa semua jam work at home merupakan “hak kantor”. Perlu fleksibilitas dari kepemimpinan dalam hal ini.” Saat inilah, menurut Juneman, terjadi berbagai kerumitan akibat bekerja dari rumah.

Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di space kerja, perusahaan dapat membentuk tim khusus yang akan menyiapkan protocol atau panduan kerja dalam kondisi “New Normal”. Panduan kerja tersebut tidak hanya mengatur hal-hal yang berkaitan dengan aspek manusia (human capital & culture), cara kerja (process & technology), namun juga berkaitan dengan pelanggan, pemasok, mitra, dan stakeholders lainnya . Tempat kerja sebagai pusat interaksi dan tempat berkumpulnya orang-orang merupakan salah satu faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya. Ketika Pins sudah memutuskan untuk bekerja dari rumah, otomatis waktu yang dimiliki menjadi jauh lebih panjang. Waktu yang berharga ini bisa Pins habiskan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Sederhananya, jika Pins memiliki waktu kerja yang fleksibel, kita bisa bermain dengan anak dan mengobrol dengan orang terkasih di pagi atau sore hari, ataupun di waktu kapanpun kita bisa.

Melihat perubahan di pasar pekerjaan selama pandemi Covid-19, 75% masyarakat Indonesia bersedia untuk belajar dan mengembangkan diri demi pekerjaan baru dan 67% meluangkan banyak waktu untuk belajar. Dibandingkan tahun lalu, angka kandidat yang aktif mencari kerja meningkat 11% menjadi 51%, Judi Online dan angka kandidat pasif menurun 8% menjadi 49%. Kementerian Keuangan telah melakukan beberapa pertimbangan terkait pembayaran gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya untuk ASN. Pertimbangan itu dilakukan dikarenakan beban keuangan negara saat ini begitu besar akibat pandemic virus corona.

Selain itu, SATGAS juga harus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan seluruh elemen perusahaan mematuhi peraturan penanganan COVID-19. Bekerja di period pandemi COVID-19 tentu sangat berbeda saat bekerja pada masa regular. Ada berbagai aturan yang harus ditaati untuk mencegah terjadinya penularan virus ketika aktivitas pekerjaan sedang berlangsung.

Tak ketinggalan, ada skun khusus bagi perusahaan untuk mengakses semua percakapan dengan pencari kerja. Di bulan Maret lalu, JobStreet telah mengadakan Virtual Career Fair yang pertama, yang didukung oleh 38 perusahan yang menyediakan lowongan pekerjaan dan dikunjungi oleh lebih dari 410 ribu pencari kerja. Dapat dilihat bahwa Virtual Career Fair telah membantu banyak masyarakat Indonesia dalam menemukan pekerjaan untuk meningkatkan karier mereka. Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian. Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim menjelaskan, lebih dari 50% tenaga kerja di Indonesia mengalami dampak dari pandemi covid-19, entah itu di PHK atau dirumahkan sementara.