Menu Close

Jadilah Orang Paling Kaya Menurut Rasulullah, Ini Kuncinya

Di sini diuraikan beberapa asas umum untuk secara tepat mengintensifkan pertukaran serta bantuan timbal-balik di bidang-bidang, yang dengan cara tertentu dihadapi bersama oleh Gereja dan dunia. Bagi orang-orang kristen suatu bentuk kegiatan internasional yang berharga sekali sudah barang tentu ialah sumbangan tenaga, yang entah sebagai perorangan entah secara kolektif. Mereka memberikan dalam lembaga-lemabga, yang sudah atau masih perlu didirikan untuk meningkatkan kerja sama internasional. Sebab zaman sekarang ini baik efektifnya kegiatan-kegiatan maupun kebutuhan akan musyawarah memerlukan usaha-usaha bersama. Lagi pula perserikatan-perserikatan semacam itu bukannya sedikit sumbangannya untuk memupuk minat-perhatian yang terbuka bagi seluruh umat manusia, yang pasti tidak asing bagi umat katolik, pun juga membina kesadaran akan solidaritas serta tanggung jawab yang sungguh bersifat common.

Tidak hanya keluarganya, tetangga di sekitar rumahnya juga ikut menikmati kelebihannya. ‎Imam Masjid Al-Wustha Perumnas Jeulingke ini menambahkan, melaksanakan infaq dan zakat dalam Islam, bukan serta merta sebagai bentuk perbuatan yang harus dibanggakan. Infaq dan zakat adalah kewajiban karena harta yang kita cari bukan milik manusia. Tingkatan kedua sebagai seorang mukmin, yaitu orang yang telah beriman dan telah melaksanakan rukun islam seperti shalat, puasa, zakat dan haji sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan, akan tetapi masih saja melakukan perbuatan dosa dan maksiat. Tingkatan pertama sebagai seorang muslim, dimana seorang manusia cukup hanya dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat, walaupun belum melaksanakan kewajiban shalat, puasa, zakat dan haji, sudah bisa dikategorikan sebagai seorang muslim. Mereka menganjurkan kepada Qarun agar menggunakan karunia Allah berupa harta kekayaan yang melimpah ruah dalam ketaatan kepada Allah.

Pola krisis keuangan global yang biasanya terjadi pada periode 5 hingga 10 tahun sekali saat ini tidak bisa diprediksi. Jika Anda ingin melihat bagian di dunia ini yang memiliki masalah utang, lihatlah Cina. Lanjut dia Negeri Tirai Bambu -julukan China- itu mengalami pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh kredit dan ini tidak bisa berlangsung selamanya. Bank of International Settlements, atau lembaga penelitian international Situs Bola Online untuk bank-bank sentral, mengatakan bahwa rasio utang China pada PDB berada di 30,1%, menambah ketakutan bahwa ledakan ekonomi Cina berdasar pada bubble kredit yang tidak stabil. Angka itu dinilai sangat tinggi dalam standar internasional oleh Komite Kebijakan Finansial dari Bank Sentral Inggris, yang kini akan menguji seberapa efek bank-bank Inggris pada perlambatan di Cina.

Cara agar kaya dunia akhirat

Bukan tidak mampu, tapi mereka ingin mengenakan pakaian yang membuat mereka nyaman, bulan malah menjadi korban mode. Selain doa tersebut di atas, ada beberapa amalan yang disunahkan untuk dikerjakan agar mendatangkan rezeki. Dalam hal ini, Roro menegaskan sukses di akhirat sudah menjadi persoalan yang sangat ia pikirkan sekarang.

Bercita-cita dan berusaha memperoleh harta secara jujur dan lurus merupakan sebuah kehormatan untuk diberikan kepada orang lain yang nanti diterima lagi di akhirat. Tidak ada harta yang hilang karena kelak dikembalikan lagi dalam berbagai bentuk. Islam memberi kebebasan kepada setiap individu untuk berusaha sesuai kapasitas mereka. Namun, setiap individu berkewajiban menyisihkan hartanya kepada mereka yang kurang beruntung secara ekonomi. Sekolah dipandang sebagai jalan pintas untuk meningkatkan status sosial. Sekolah untuk meraih cita-cita lalu dipuji banyak orang karena kaya dan sukses.

Oleh karena itu perlu diperjuangkan, supaya mereka yang cukup cerdas dapat menempuh studi yang lebih tinggi; sedemikian rupa, sehingga dalam masyarakat mereka sedapat mungkin menunaikan tugas-tugas, jabatan-jabatan atau jasa pelayanan, yang sesuai dengan keahlian maupun kemahiran yang telah mereka peroleh. Begitulah setiap orang dan kelompok-kelompok sosial setiap bangsa akan mampu mencapai pemekaran perihidup budaya yang sepenuhnya, serasi dengan bakat-kemampuan serta tradisi-tradisi mereka. Pelbagai karya, terutama himpunan-himpunan keluarga, hendaknya berusaha meneguhkan kaum muda dan para suami-isteri sendiri, terutama yang baru menikah, dengan ajaran maupun kegiatan, hidup kemasyarakatan dan kerasulan. Hendaknya semua saja menyadari, bahwa hidup manusia dan tugas menyalurkannya tidak terbatas pada dunia ini melulu, pun tidak dapat diukur dan dimengerti hanya dengan itu saja, melainkan selalu menyangkut tujuan kekal manusia.

“Kehidupan yang sibuk membuat doa makin sulit, tetapi doa membuat hidup yang sibuk menjadi lebih mudah.” Untuk menjadi sukses diperlukan kerja keras serta tekad kuat, dibarengi dengan doa serta selalu berserah diri kepada Allah SWT. Jangan membicarakan tentang anak-anak Anda di depan orang yang tidak memiliki anak. Jangan membicarakan tentang ibu dan ayahmu di depan anak yatim piatu. Satu hal yang sangat rendah hati yang bisa kamu lakukan adalah membiarkan dirimu diajari orang lain, sebagai sikap penghargaan, meskipun kamu sudah mengetahui hal itu. Cintai dan benci lah seseorang dengan sekedarnya saja, karena suatu saat orang itu bisa menjadi musuh atau bahkan kekasihmu.

Demikian sekedar sharing saja, sebagai kewajiban sesama mukmin untuk saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran, agar kita sebagai manusia yang sering lupa ini bisa teringat kembali akan nilai-nilai ajaran islam yang sangat bijaksana dan mulia. Keterangan di atas adalah artikel Dr. Muhammad Arifin bin Baderi yang diterbitkan dalam Majalah Pengusaha Muslim edisi 29. Pada edisi ini, majalah Pengusaha Muslim secara khusus mengupas tentang zakat dan sedekah, mulai dari polemik zakat profesi, amil zakat ilegal, mengenal perbedaan infak, zakat, sedekah, dan hibah, dan berbagai artikel menarik lainnya. “Andai kehidupan dunia di sisi Allah senilai sayap nyamuk niscaya Allah tidak mungkin membiarkan orang kafir menikmati walau hanya seteguk air.” (HR. At-Tirmizy). Maka hak sebagai kompensasi dari kewajiban akan ditambahkan Allah dalam bentuk penambahan bahkan pelipatgandaan berkah, Allah Azza Wajjallah akan menyeimbangkannya dengan menambahkan dan melipatgandakan hak dalam bentuk keberkahan, baik secara langsung maupun tidak langsung , didunia maupun diakhirat. Demikian kiat-kiat mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat menurut Islam.

Kewajiban mencari rejeki diperintahkan agar seseorang berusaha sesuai kemampuannya, sedangkan hasil akhir menjadi keputusan Allah. Kekayaan juga merupakan amanah dari Allah yang harusnya dijaga dengan sebaik-baiknya. Pertama, Burhani yaitu ilmu yang di dapatkan dari realitas atau empiris . Ilmu ekonomi islam harus digali dari penelitian dan observasi perilaku ekonomi manusia.