Menu Close

Kesiapan Pembelajaran Metode Berbasis Proyek Dalam Jaringan Daring Antisipasi Covid

Kendati perkembangan virus Corona cukup cepat, cobalah tetap rileks dan fokus terhadap apa yang dikerjakan. Pembawaan diri yang rileks dan fokus dapat meningkatkan produktivitas menjadi lebih baik. Mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun atau hand sanitizer mampu membunuh virus yang kemungkinan terdapat di tangan. Bahkan saat ini, kita juga dihimbau untuk tidak melakukan jabat tangan kepada orang lain. Jabat tangan bisa kita lakukan dengan Say Hello, melambaikan tangan, atau salaman dengan menempelkan siku. Mungkin rasanya akan aneh, tapi dikondisi seperti ini kita harus bisa saling memahami.

Covid 19 menuntut untuk melakukan perubahan, baik dalam hal cara berpikir, cara berperilaku, dan cara bekerja. Tantangan selanjutnya adalah cara berpikir dan cara berperilaku yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan tangguh terhadap ancaman penyakit termasuk dari penyakit hari esok. Ketiga, cuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Badang Pengawas Obat dan Makanan memberi ideas untuk masyarakat jika beraktivitas di kantor di tengah pandemi Covid-19 ini. Perlu untuk melakukan pemasanggan informasi pencegahan Covid-19 seperti di carry, ekskalator, rest room ruang kerja, ruang makan karyawan, dan ruang meeting.

Pembelajaran berbasis proyek sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran daring karena bisa menjangkau semua aspek pembelajaran melputi aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek sikap dengan mengambil topik yang sedang kontekstual terjadi saat itu. Selanjutnya, hal yang sangat penting dalam proses pembelajarn daring adalah kegiatan evaluasi. Sebagai sebuah aktivitas pembelajaran formal, penilaian tetap harus dilakukan. Guru harus sudah terampil menggunakan teknik evaluasi yang cocok untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkannya jika menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek.

Bekerja dalam masa Covid

Pembelajaran yang terpisah jarak tak harus membuat komunikasi yang biasa terjalin di ruang kelas menjadi terhambat. Ruang kelas bisa berganti menjadi ruang maya dimana discussion board diskusi antar siswa dan antara siswa-guru dapat terus berlangsung. Forum diskusi bisa dilakukan melalui aplikasi chatting atau fitur chat pada web site kelas. Diperlukan fleksibilitas yang baik dalam membangun ruang diskusi maya agar setiap siswa dan guru dapat terlibat dan berpartisipasi aktif.

Dengan bermunculannya perusahaan startup yang memiliki jam kerja yang fleksibel, karyawan sudah terbiasa untuk melanjutkan kegiatan dari manapun di luar kantor. Dengan segala keterbatasan serta kondisi yang harus dihadapi pemerintah dalam penanganan Covid-19, pemerintah perlu untuk memahami dan mendukung metode Work For Home yang dijalani ASN. Peninjauan dari sisi humanis perlu dikaji ulang seperti pemberian briefing setiap hari untuk menyemangati dan mengkonsolidasi kinerja para ASN dalam kondisi kerja darurat yang belom disiapkan sebelumnya. Lalu juga penyempurnaan sistem interaksi kerja perlu diperhatikan untuk meminimalisir kesalahan kerja atau informasi. Perusahaan perlu melakukan tindakan-tindakan preventif dalam lingkup pekerjaan sehingga karyawan bisa bekerja dengan tenang dan nyaman. Karena itu, perusahaan juga perlu mempekerjakan seorang ahli K3 yang memastikan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dapat dilakukan secara optimum Slot Online Terpercaya di tempat kerja.

Perasaan pobia diminimalisir dengan optimis bahwa seluruh aktivitas tetap berlangsung dengan protokol kesehatan tatanan baru , khususnya dalam segmen penyelenggaraan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah hingga pendidikan tinggi. Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga kini di beberapa wilayah dengan masa berbeda, terhitung 193 negara telah berjuang melawan serangan Covid yang tidak pandang bulu. Wuhan adalah salah satu kota di China sebagai tempat domisili penderita covid yang pertama kali ditemukan sebelum virus ini berstatus pandemi. Berita dan informasi pergerakan penyebaran virus tersebut telah mewarnai berbagai laman media karena jalur sebarannya kian hari semakin massif. Setiap negara yang telah lebih dulu diserang covid 19 menjadi mannequin bagi negara lain dalam melakukan tindakan preventif penyebaran covid 19, meskipun terdapat perbedaan tatanan politik, sosial, budaya, ekonomi dan pendidikan pada setiap negara tersebut.

Memang pemerintah tidak memberikan dana langsung ke lembaga pelatihan tersebut. Namun, mereka yang lolos menjadi peserta program Kartu Prakerja, wajib memilih pelatihan yang ditawarkan delapan perusahaan tersebut, tidak bisa ke lembaga pelatihan lain. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas juga dapat membuat pos pelayanan vaksinasi COVID-19. Dianjurkan agar setiap sasaran mencari informasi terlebih dahulu terkait jadwal layanan masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi. Keadaan di rumah sakit pun chaos, para petinggi rumah sakit, yakni jajaran direksi dan pejabat struktural melakukan rapat besar dan panjang terkait pandemi ini. Selebihnya, ikuti saran-saran WHO di atas untuk mengenakan masker, membawahand sanitizer, dan menjaga jarak.