Menu Close

Berita Dan Informasi Vaksin Lansia Terkini Dan Terbaru Hari Ini

Kuotanya mencapai 22 per 100 orang (posisi 4/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Untuk diketahui, terkait izin penggunaan darurat vaksin bagi lansia, BPOM juga telah mengeluarkan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para nakes dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi. Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati.

Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar 11 dari one hundred warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai sixty two per 100 penduduk. Sekitar 6,eight juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal free of charge. Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer.

Vaksinasi bagi Lansia

Setelah tenaga kesehatan dan pekerja di bidang pelayanan publik, kini, pemerintah memperluas prioritas vaksinasi untuk warga lanjut usia atau lansia. Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, kelompok lansia dalam vaksinasi tahap pertama ini masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan . Yang mama susuai data sementara, terdapat 29 nakes lansia yang usianya lebih dari fifty Judi Online nine tahun. Menurut Didik selain BPOM, Kementrian Kesehatan RI juga telah mengumumkan dan memperbolehkan penggunaan vaksin Covid-19 bagi nakes lansia. Rencananya, pelaksanaan vaksinasi di Kota Blitar akan dilaksanakan Sabtu, thirteen Februari. Didik memastikan proses penyuntikan vaksin terhadap nakes lansia itu tidak jauh beda dengan sebelumnya.

Perjuangan kakek Safaruddin dapat menyentil semangat para lansia untuk divaksin. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menekankan agar vaksin didistribusikan hingga ke kampung-kampung dan wilayah pedalaman yang belum tersentuh vaksinasi. Gus Muhaimin mengingatkan, berdasarkan konstitusi, pemerintah wajib melindungi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Kemudian, ada kemungkinan lansia mempunyai keterbatasan fisik untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga harus ditemani anak atau keluarga. Pertama, lansia masih merasa takut karena kurangnya sosialisasi atau informasi bahwa sekarang lansia dapat prioritas untuk dapat vaksin. Pemerintah juga telah melakukan beragam upaya untuk memacu vaksinasi kepada lansia.