Menu Close

Cakupan Vaksinasi Bagi Lansia Capai 11%, Jubir

Seseorang disebut renta atau frail jika lansia mengalami kondisi yang sangat menurun setelah mengalami gangguan eksternal. Begitu pula untuk yang tidak bergejala , tetaplah waspada karena OTG juga dapat menular. Ayo lebih peduli kepada orang terdekat di sekitar kita dan tetap disiplin protokol kesehatan ya, Sobat Sehat. Perencanaan dan Persiapan, dimana dilakukan advokasi dan sosialiasi ke pemerintah daerah dan lintas program maupun lintas terkait.

Vaksinasi bagi Lansia

Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi tahap I dan tahap II untuk tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia. Alexander mengajak masyarakat di tingkat keluarga untuk ikut menyukseskan vaksinasi bagi lansia. Di sejumlah negara yang sudah menggelar penyuntikan vaksin virus coronasecara masif, kelompok lanjut usia selalu menjadi prioritas pertama dalam program vaksinasi. Beberapa negara memberikan kemudahan proses dalam vaksinasi untuk lansia, misalnya bisa memilih lokasi. Dinas KOMINFO Ngawi – Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik.

Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan paska imunisasi lanjut Nadia, disetiap tempat pelaksanaan vaksinasi akan memiliki contact individual perwakilan dari Komisi Daerah ataupun Vocal Point KIPI yang berasal dari Provinsi, Kabupaten/Kota tersebut. Contact individual tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien. [newline]Dikutip dariCNN Indonesia, vaksinasi tahap kedua ini akan menggunakan vaksin produksi PT Bio Farma yang berasal dari bahan baku mentah milik Sinovac.

Ia turut menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa vaksinasi di Indonesia bisa rampung kurang dari setahun. Padahal saat ini Indonesia masih bergantung dari produsen dari luar negeri terkait ketersediaan vaksin. Windu memprediksi vaksinasi di Indonesia bisa rampung paling cepat dalam waktu 1,5 – three tahun. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira one hundred sampai 200 meter, atau penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi di seluruh Indonesia.

Kita semua sepakat bahwa program-program penangulangan pandemi COVID-19 semuanya berlomba dengan waktu. Semakin cepat vaksinasi diberikan kepada masyarakat semakin banyak nyawa yang dapat diselamatkan dari paparan virus COVID-19. Jalur penyebaran informasi melalui aparat di lingkungan seperti ketua RT/RW, PKK, dan kader-kader desa harus dimaksimalkan karena tidak semua masyarakat terakses informasi melalui media dan pesan singkat.

Kajian cepat ini menggunakan desain Kohort Retrospektif, yakni menelusuri riwayat setiap individu yang dilibatkan dalam penelitian ini. Salah satu upaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Jawa Barat, Kemenkes dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan gebyar Link Kong4D. Ditargetkan dalam setiap hari, sebanyak 1.000 lansia se-Kabupaten Bandung yang harus divaksinasi.

Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri forty one. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia. Sosoknya sebagai perempuan juga turut membantu menyakinkan masyarakat agar tidak ragu atau takut melaksanakan vaksinasi karena sudah halal dan aman sehingga ia telah membuktikan jika vaksin aman dan itu yang membuat masyarakat begitu antusias.

Menurut Konsultan Alergi Imunologi di RSCM/FKUI itu, lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dan rentang waktu untuk pemberian vaksin kedua 0-14 hari setelah vaksinasi Covid—19 pertama dinilai belum cukup. Belum lagi ada degenerasi sistem imunitas pada lansia yang menyebabkan pembentukan antibodi lebih lama ketimbang kelompok usia lebih muda. Skrining dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing atau di Posyandu lansia/ Posbindu PTM/ Puskesmas, Rumah sakit, Dokter Praktik, atau tempat lain yang disepakati bersama. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada Tahap 2 dengan goal kelompok Lanjut Usia dan Pekerja Publik.