Menu Close

Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja Di Masa Pandemi Covid

Guru yang sangat kompeten dalam menggunakan teknologi pembelajaran daring tidak akan bisa mencapai tujuan pembelajannya jika siswa yang menjadi objek dan subjek pembelajaran tidak memiliki kemampuan mininal yang dubutuhkan. Artinya pembelajaran daring mengharuskan guru dan siswa memiliki kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi. Berdasar hasil penelitian oleh Rezha Rosita Amalia Universitas Gadjah Mada yang dimuat pada Jurnal Studi Pemuda • VOL. four , NO. 1 , Mei 2015 diketahui bahwa lebih dari 50% responden siwa SMA samplingnya aktif menggunakan media sosial tersebut . Hasil penelitian juga memberikan gambaran media sosial yang paling banyak digunakan Berturut-turut di peringkat berikutnya ialah Whatsapp (63,1%), Line (62,1%), Instagram (60,1%), Twitter (46,1%), Path (24,2%), terakhir adalah pilihannya media sosial lainnya (14%).

Misalnya, seorang karyawan harus lembur saat bekerja dari rumah untuk membangun jaringan kerja dan pengaruh di kantor, sehingga harus melakukan pertemuan daring di akhir pekan, dan mengurangi waktu untuk bersama keluarga. Atau, situasi sebaliknya, seorang karyawan harus mengurus anaknya sekolah daring saat jam kerja, dan mengurangi kesempatan untuk berperilaku profesional saat bekerja dari rumah. Sekedar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah dapat membantu menghilangkan kebosanan dengan suasana kerja yang mungkin sedikit monoton. Pastikan sarapan yang baik dan jadwalkan istirahat makan siang sesuai jam istirahat di kantor.

Bekerja dalam masa Covid

Lantaran tetap bekerja di tengah wabah virus corona, management kantor pun telah menyiapkan beberapa protokoler pencegahan virus corona. Mulai dari adanya pengecakan suhu, bilik disenfektan, menjaga jarak antar pegawai satu dengan lainnya, hingga hand sanitizer di beberapa tempat. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang paling penting dan cara melawan virus corona yang paling Beli Free Spin efektif adalah menjaga higienitas diri. Langkah-langkah pencegahan seperti rajin mencuci tangan, mandi setiap hari, memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Karena itu, penderita Covid-19 dengan gejala batuk dan demam akibat virus corona bisa diatasi dengan banyak beristirahat, konsumsi air putih dan pereda panas , tanpa harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Termasuk di dalamnya sosialisasi K3 bagi para pekerja dari praktisi terkait dan perencanaan berbagai skenario untuk menghadapi kondisi darurat ini. Yang pertama, Dr. Isna menjelaskan langkah yang dapat diambil oleh sektor industri formal. Diantaranya dengan melakukan komunikasi antara pengusaha dan pekerja terkait kelangsungan usaha, memastikan langkah-langkah pengendalian, serta integrasi kesiapsiagaan darurat dalam Sistem Manajemen K3 .

Untuk mendapatkan gambaran kronologi pembelajaran yang telah diikuti siswa, maka sebaiknya siswa diminta membuatkan jurnal harian belajarnya. Bila tugas dan ujian berfungsi sebagai sumber evaluasi, entry jurnal yang dilakukan secara periodik dapat digunakan sebagai sumber asesmen. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa entry jurnal memang tak bisa digunakan untuk seluruh mata pelajaran dan seluruh siswa.

Sektor pertanian menjadi sorotan karena memiliki kaitan erat dengan ketahanan pangan nasional. Tentunya pada masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan untuk menghindar dari krisis pangan yang seakan menghantui Indonesia. Saat kegiatan di luar rumah dibatasi akibat wabah Corona, tentunya pekerjaan yang bisa kita lakukan pun juga jadi sangat terbatas. Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis online, salah satunya mengelola bisnis on-line store. Anda juga sangat disarankan untuk mengikuti etika batuk dan bersin yang benar.

Menteri Kominfo mengakui hal itu sebaagi konsekuensi pelaksanaan imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. “Akibat dari do enterprise from home, web yang banyak dan meningkat di wilayah real estate, perumahan dan pemukiman,” ungkapnya. LPMP memprogramkan fasilitasi peningkatan kemampuan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran daring baik dalam suasana regular maupun darurat agar proses penjaminan mutu pendidikan tetap berjalan secara berkesinambungan sehingga Standar Nasional Pendidikan tetap bisa dicapai. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian pendidikan dan Kebudayaandi setiap provinsi, dapat memfailitasi sekolah secara terjadawal untuk melaksanakan pembelajaran daring. Guru harus memberikan umpan balik kepada siswa dan orang tua sejauhmana keberhasilan siswa dan kekurangan yang harus diperbaiki siswa dari sesi pembelajaran yang telah dilakukan.