Menu Close

Penerapan K3 Perusahaan Di Masa Pandemi Covid 19

Menurut information terakhir yang dipublikasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Republik Indonesia, pada hari Kamis, 07 April 2020 sebanyak 2738 orang yang positif terinfeksi virus Corona di Indonesia dan yang meninggal dunia sebanyak 221 jiwa. Ketua Forum Anak Desa Jokato, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Rizky Dwi Saputra, mengungkapkan ada beberapa faktor yang memengaruhi anak menjadi pekerja anak, salah satunya yaitu anak tidak memiliki kesibukan karena beberapa sekolah diliburkan di masa pandemi ini. “Ketika mereka tidak ada kegiatan, akhirnya memilih ikut orangtua membantu bekerja di kebun, menindaklanjuti hal ini, kami discussion board anak membuat program khusus untuk mengisi waktu anak dengan aktivitas positif, yaitu bermain dan belajar yang menekankan pada pendidikan karakter.

Menurut Sonny, selama ia bekerja dari rumah ia dapat banyak berhemat, mulai dari pengeluaran untuk bensin, makan siang, sampai dengan waktu yang ditempuh dalam perjalanan ke kantor. Ia juga merasa bisa lebih fokus terhadap pekerjaan tanpa gangguan perhatian di kantor, dan lebih banyak waktu bersama keluarga. Namun, satu hal yang pasti, semua itu erat hubungannya dengan keinginan mereka untuk kembali berinteraksi sosial secara langsung dengan sesama pekerja. Hal itu tidak bisa didapatkan apabila mereka bekerja dari rumah, dengan mengandalkan teknologi berkomunikasi. Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi stres bagi pekerja di masa pandemi covid-19. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir.

Bekerja dalam masa Covid

Terutama dalam mengusulkan teknologi apa yang cocok, baik untuk usaha besar, menengah, maupun kecil. Banyaknya warga Bodetabek yang mencari nafkah di Jakarta, dan sebaliknya, dikhawatirkan mobilitas dapat menjadi salah satu bentuk rantai penyebaran Covid-19. Pemerintah akan membolehkan masyarakat usia produktif atau di bawah forty five tahun untuk kembali bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Disana ada beberapa perkantoran yang memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home , namun ada juga beberapa perusahaan yang tidak menerapkan kebijakan tersebut. Menurut kedua narasumber, pemerintah harus mengambil langkah dalam mencegah terjadinya krisis pangan. Dimulai dari menyejahterakan petani melalui bantuan dan fasilitas seperti Tembak Ikan Terpercaya misalnya bantuan relaksasi kredit kepada para petani miskin. Para petani juga sebaiknya dikenalkan dengan teknologi untuk membantu mereka dalam mendistribusikan serta menjaga kestabilan harga produk pangan dimasa pandemi seperti ini. Gatot bahkan menyarankan agar para petani diberi fasilitas berupa teknologi, modal, dan pemasaran melalui program BUMITANI .

Maksudnya, melaksanakan tugas kedinasan, menyelesaikan output, koordinasi, rapat, dan tugas lainnya dengan memanfaatkan sarana media elektronik, sesuai dengan jam kerja. Mereka bekerja berdasarkan surat tugas yang ditetapkan pimpinan unit/satuan kerjanya. Jakarta — Penyesuaian sistem kerja pegawai dilakukan oleh Kementerian Agama hingga 31 Maret mendatang. Hal ini ditandai dengan terbitnyaSurat Edaran Menteri Agama No 2 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan PenyebaranCorona Virus Disease2019 (Covid-19) pada Kementerian Agama. Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara layanan telekomunikasi seluler dan penyedia jaringan internet untuk menambah kapasitas dan infrastruktur jaringan guna mendukung pelaksanaan bekerja dan belajar dari rumah. Mulai dari menyusun instrumen alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, melakukan pengumpulan data, mengolah dan menyajikan information, menganalisis information.