Menu Close

Pengumuman Pendaftaran Vaksinasi Bagi Lansia » Pemko Gunungsitoli

Meskipun durasi pemberian zero dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan routine yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian 0 dan 14 hari. Untuk kasus vaksinasi lansia yang ditunda, Saudara bisa menghubungi bidan desa setempat dan nanti akan diskrining ulang apakah tekanan darah sudah terkontrol dan bisa diberikan vaksin atau belum. Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Pemerintah telah menyediakan tes antigen secara free of charge melalui Puskesmas agar swab pengambilan spesimen dan pemeriksaan dapat dilakukan dalam kondisi yang aman dari risiko dan hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih.

Vaksinasi bagi Lansia

Pemerintah pusat AS mendorong negara bagian untuk memprioritaskan vaksinasi bagi lansia, tenaga kesehatan, dan warga dengan komorbid. Saat ini, sixty two,four persen lansia di AS diperkirakan sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Mereka yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap tercatat sekitar 32,2 persen populasi lansia. Pemerintah terus mengupayakan untuk mempercepat cakupan vaksinasi bagi golongan lanjut usia .

Upaya pemberian vaksinasi covid-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh ITAGI untuk antisipasi risiko berat. Lebih lanjut, Deddy Corbuzier menanyakan, alasan kakek Safaruddin menggunakan sepeda ke lokasi vaksinasi yang jaraknya cukup jauh, bukan pakai motor. Kakek Safaruddin mengatakan, dirinya sudah biasa menggowes sepeda, sedangkan motor tidak punya, karena sudah dijual. Liputan6.com, Jakarta Rela mengayuh sepeda sejauh 15 KM demi mendapatkan vaksin COVID-19, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, kakek Safaruddin menjadi inspirator, terutama bagi lansia.

Berdasarkan hasil uji klinis, pemberian vaksin pada Sinovac juga dinilai tidak memberikan efek samping serius pada masyarakat lansia. Dalam konteks pandemi COVID-19, ada dua prioritas pertama yang harus divaksinasi menurut Windu. Namun, setelah mendapat knowledge dukung dari uji klinis fase 1 dan 2 di Cina dan fase three di Brasil – yang keduanya melibatkan subjek lansia di atas 60 tahun – izin penggunaan darurat bagi kelompok tersebut akhirnya diterbitkan oleh BPOM pada Jumat (5/2).

Karena pendaftaran dilakukan secara daring, ada kemungkinan para lansia tidak paham cara daftarnya, sehingga harus dibantu. Budi juga membuka kenyataan pahit bahwa di samping gangguan pasokan dari produsen vaksin, pada April ini Bio Farma juga akan melakukan regular maintenance fasilitas pabriknya. Di sisi lain dokter sekaligus edukator Kesehatan dr. Adam Prabata, menyatakan edukasi yang dilakukan harus berfokus pada manfaat vaksinasi. “Pesan saya, kita harus menyayangi para lansia, antara lain melindungi mereka dari COVID-19 melalui vaksinasi ini. Ini perlu direnungkan, bukan hanya untuk pemerintah tapi untuk seluruh rakyat Indonesia,” katanya. Selanjutnya Nadia mengatakan, dilakukan pula penjemputan dan pengantaran lansia ke tempat vaksinasi yang bekerja sama berbagai pihak baik itu pemerintah maupun swasta. Langkah tersebut agar membantu para lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi. Kemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa Situs Bola Online mulai vaksinasi ini,” terang dr. Siti Nadia. Strategi yang mengharuskan satu petugas publik membawa dua orang lansia jika ingin divaksin menjadi salah satu instruksi dari enam permintaan pemerintah pusat ke pemerintah daerah dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi pada lansia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berkesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia di BBPK Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (9/3). Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting mengatakan, penyerapan vaksinasi bagi lansia masih sangat rendah. Ia pun heran penyerapan vaksinasi di kalangan lansia rendah padahal goal sasaran vaksinasi untuk lansia sangat besar. Terdapat 324 dosis sudah diberikan per 1.000 populasi dan eleven,34 persen populasi sudah vaksinasi lengkap. Yang pasti, vaksinasi lansia di AS dinyatakan efektif menurunkan kasus Covid-19. Terdapat sektiar 661,3 dosis vaksin yang sudah diberikan per 1.00 populasi dan 22,4 persen populasi sudah vaksin lengkap.

Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± four hundred orang lansia sehat . Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada 0 dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin .

Ia mengatakan, para lansia di daerah itu begitu bersemangat mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19. Namun persoalannya memang karena keterbatasan stok vaksin sehingga proses perampungan vaksinasi mengalami kendala. Program tersebut merupakan inovasi Pemkab Bantaeng yang mendorong para tenaga pendidik untuk ikut terlibat dalam menyukseskan program pemerintah khususnya sasaran lansia yang cakupannya masih rendah di daerah itu. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah mencatat kelompok lanjut usia yang meninggal akibat infeksi Covid-19 hampir 50 persen.