Menu Close

Profil Irene Sukandar, Grand Master Wanita Yang Akan Tanding Catur Dengan Dadang Subur Si Dewa Kipas

Siaran langsung tersebut menyedot perhatian publik dunia dengan mencatatkan rekor pertandingan catur streming dengan 1,25 juta penonton. Pertandingan Irene vs Dewa Kipas itu pun masih menarik minat publik dan sudah ditonton oleh 12,33 juta lebih publik di kanal YouTube Deddy Corbuzier. [newline]Irene Sukandar sendiri merupakan pecatur wanita indonesia pertama yang mendapatkan gelar Woman Grandmaster atau WGM sedangkan Dadang Subur mengaku sebagai mantan atlet Pingpong yang bermain catur sebatas hobi. Berbicara soal gelar, terdapat banyak gelar dalam dunia percaturan dari Fédération Internationale des Échecs atau FIDE. Menurut Utut, Kota Solo terakhir menggelar kejuaraan catur internasional 36 tahun silam.

Melihat kisruh yang berkembang, akhirnya Deddy Corbuzier pun memfasilitas kedua pihak untuk berperang di atas papan catur di studio Podcastnya di Jakarta sore ini. Menurutnya sang ayah tak mungkin menggunakan bot, pasalnya Dadang merupakan orang yang gagap teknologi. Sementara itu, Woman International Master diberikan FIDE untuk pecatur wanita.

Woman Grand Master chess

Oh iya, perlu diketahui juga, gelar catur ini aka menempel seumur hidup. Jadi misalkan ada Grandmaster karena usianya yang sudah tidak lagi mendukung untuk berpikir kritis, gelar GM nya tidak akan hilang sekalipun ELO nya drop. Super GM sebetulnya hanyalah sebutan untuk para Grandmaster kuat dari yang terkuat. Paras ayu Chelsie dan kepintarannya dalam memberikan penjelasan menjadi salah satu sorotan dalam duel itu. Kolom komentar pun dipenuhi dengan rasa penasaran akan sosok Chelsie yang ternyata juga seorang pemain catur profesional.

Peringkat Candidate Master dan Woman Candidate Master merupakan gelar paling rendah yang diberikan FIDE. Woman International Master atau WIM setara dengan International Master, bedanya gelar resmi yang diberikan oleh FIDE ini dikhususkan untuk pecatur wanita. Namun jumlah WIM tidak banyak, hanya 116 orang saja yang pernah tercatat di daftar FIDE. Gelar IM sejatinya merupakan gelar untuk pecatur putra, tetapi boleh dipakai oleh pecatur putra asalkan bermain melawan pecatur putra.

Maklum, karena pecatur yang akan menginjak usia 29 tahun itu selalu berlatih serius dari Senin-Jumat selama tiga hingga empat jam. Dalam pertandingan yang disiarkan langsung secara reside streaming di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Chelsie berduet dengan dengan pecatur nomor satu nasional Susanto Megaranto. “Samantha pertama kali diperkenalkan ke dunia catur saat usia enam tahun, saat diminta mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolahnya,” tutur Larry Edith, ayah Samantha, megutip dari Tribunnews. Putri dari Larry Edith yang lahir pada 2008 meraih gelar usai mengalahkan pecatur Rusia, Alexandra Shvedova. Dia tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah karena harus melakoni pertarungan berdurasi lima jam.

“Jadi, enggak bisa kayak model Dewa Kipas, yang katanya belajar tiga bulan langsung jago. Seorang pecatur butuh banyak even untuk menyeimbangkan teori Link Kong4D dan praktik,” tuturnya. Menurut Lisa, butuh waktu lama untuk menyandang gelar Grandmaster karena sangat bergantung keseriusan individu memperbanyak jam terbang.