Menu Close

Vaksin Corona Untuk Lansia, Ibarat Jas Hujan Di Kala Hujan Lebat

Oleh karena itu, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional meminta masyarakat jangan takut membawa anggota keluarganya yang telah berusia lanjut untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Untuk mencapai angka tersebut, cakupan vaksinasi lansia di Jabar diperkirakan harus mencapai 230 ribu lansia per hari. Kondisinya saat ini cakupan di Jabar paling tinggi sebanyak eighty ribu per hari. Probabilitas lansia tertular SARS COV-2 dan dirawat di rumah sakit sebesar 60 kali lebih tinggi dibandingkan orang di bawah usia lanjut. “Itu bukan sesuatu yang bisa kita terima, sehingga kita lakukan komunikasi dengan AstraZeneca.

Meski begitu, bertambahnya lansia dalam program vaksinasi awal tidak akan menambah complete target vaksinasi sebesar 181,5 juta orang. Target vaksinasi 181,5 juta orang telah menghitung complete penduduk berusia di atas 18 tahun. Vaksinasi untuk lansia tidak akan tertutup untuk menggunakan vaksin Sinovac saja.

Vaksinasi bagi Lansia

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali. Baru kelompok tenaga kesehatan seluruh Indonesia yang sudah mencapai targetnya forty juta orang di gelombang pertama. Mulai minggu ini, vaksinasi mulai menyasar kelompok rentan terpapar SARS COV-2 seperti warga di zona merah dan lansia. Pada eight Slot Online Terpercaya Februari 2021 pemerintah secara resmi mengumumkan program vaksinasi bagi penduduk usia 60 tahun ke atas, baik untuk tenaga kesehatan maupun nontenaga kesehatan. Kaum lansia memang menjadi perhatian khusus, mengingat sekitar 50 persen kematian akibat Covid-19 terjadi pada penduduk usia tua.

Di kedua web site tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Israelmemberikan opsi vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer bagi warga lansia atau berusia 60 tahun ke atas. Masih dengan AKP M. Meltha, alur masyarakat sebelum divaksin harus mendaftarkan terlebih dahulu, screening, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 serta observasi.

Gebyar vaksinasi itu digelar di RSUD Otista, Soreang, Kabupaten Bandung, selama thirteen hari mulai dari 17 hingga 29 Mei 2021. Atau, lansia hidupnya sudah terpisah dari keluarga, atau ada keterbatasan finansial, sehingga mereka tidak bisa datang ke sentra vaksinasi, ini yang membuat makin sulit,” kata Nadia. Website resmi Pemerintah Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara Indonesia. Temukan beragam informasi terkait aktifitas pemerintahan dan pelayanan publik di wilayah Kota Gunungsitoli. Selanjutnya, Siti Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi pada waktunya nanti, Lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk kontrol dulu ke dokternya.

Upaya vaksinasi bagi warga lanjut usia tidak sebatas agar terhindar dari paparan Covid-19. Kondisi kerentaan warga lansia menjadi perhatian agar vaksinasi efektif, optimal, dan tepat sasaran. Pemerintah memutuskan untuk memberikan perlindungan ekstra bagi tenaga kesehatan dengan penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga memakai vaksin Moderna untuk 1,4 juta tenaga kesehatan yang sudah dimulai dari tanggal sixteen Juli 2021.

Artinya hingga saat ini sudah lebih dari seventy six juta dari complete 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan 400 orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. [newline]Kemudian institusi atau organisasi tersebut bekerja sama dengan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota lalu menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi massal. Nadia mencontohkan, organisasi seperti organisasi untuk para pensiunan, organisasi keagamaan, maupun organisasi kemasyarakatan. Setelah itu, institusi maupun organisasi melakukan pendataan dan pendaftaran peserta lansia untuk pelaksanaan vaksinasi. Selaras dengan itu, Direktur Rumah Sakit Al-Islam, Muhammad Iqbal mengatakan, setelah mendapatkan knowledge dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, para lansia akan dihubungi untuk diberikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Ahyani juga meminta semua masyarakat bisa bersabar menunggu vaksinasi, apalagi untuk program pemberian vaksin ini sasarannya ditentukan oleh pemerintah pusat yang disesuaikan secara proporsional dengan ketersediaan vaksin.

Ketiga vaksin tersebut juga telah mendapatkan izin penggunaan untuk usia di atas 60 tahun oleh otoritas pengawasan obat di negara asalnya. Meski begitu nantinya BPOM juga akan melakukan kajian knowledge untuk memberikan EUA bagi ketiga vaksin tersebut. Hasl dari analisis risiko versus manfaat vaksin COVID-19 pun tetap menunjukka manfaat yang lebih besar bagi mereka. Namun, kalau belum yakin untuk memvaksinasi orangtua atau orang yang Anda sayangi, silakan berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu,” pungkasnya.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Yuk Sobat Sehat, selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, dukung pelaksanaan 3T, dan sukseskan program vaksinasi untuk melawan pandemi ini ya. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal.

Setelah vaksinasi, lansia harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi. Jika tidak ada keluhan, lansia akan diberikan kartu vaksin dan dalam 28 hari akan kembali mendapatkan jadwal vaksinasi. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” imbuhnya.